Kopra Trade

Kopra Trade

Bank Mandiri menghadirkan Kopra Trade sebagai solusi lengkap untuk kebutuhan transaksi perdagangan dan bank garansi Anda, seperti penerbitan dan perubahan LC/SKBDN, penerbitan dan perubahan Bank Garansi, permintaan pembiayaan perdagangan, serta fitur lainnya untuk transaksi yang lebih lancar dan efisien.

Apa itu Kopra Trade?

Kopra Trade adalah portal berbasis web yang dapat diakses 24/7, di mana saja dan kapan saja, sehingga memudahkan Nasabah untuk melakukan berbagai jenis transaksi perdagangan termasuk ekspor, impor, dan perdagangan lokal serta bank garansi.

Siapa yang menggunakan Kopra Trade?

  • Ekspor: eksportir/penjual/seller
  • Impor: importir/pembeli/applicant/buyer/drawee 
  • Bank Garansi: kontraktor/pemilik proyek/pemerintah/vendor

Bagaimana cara saya mengakses Kopra Trade?

Kopra Trade dapat diakses melalui Kopra Portal https://koprabymandiri.com

Apa Keuntungan Kopra Trade?

Kopra Trade menawarkan berbagai manfaat bagi Anda, seperti:

  • Online 24/7, dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
  • Pengajuan online untuk penerbitan dan perubahan perdagangan, penerbitan dan perubahan bank garansi, serta pembiayaan perdagangan.
  • Visibilitas transaksi (cek status transaksi & detail transaksi).
  • Notifikasi melalui dashboard dan email.
  • Template untuk transaksi berulang.
  • Monitoring limit.
  • Laporan transaksi.
  • Tingkat akses yang fleksibel (maker-checker) sesuai kebutuhan Anda.
  • Widget yang bisa dikustomisasi untuk kemudahan akses menu.

Untuk prosedur lengkap dan informasi lebih lanjut tentang Kopra Trade, silakan klik di sini

Produk Apa Saja yang Tersedia di Kopra Trade?

Berikut adalah daftar produk yang tersedia di Kopra Trade:

Ekspor
Bank Mandiri menyediakan solusi transaksi ekspor dengan layanan yang komprehesif dan lengkap di setiap tahapan transaksi, sejak proses merealisasikan pesanan ekspor, persiapan dokumen ekspor, presentasi dokumen ekspor, dan percepatan penerimaan hasil ekspor. Anda juga dapat menikmati kemudahan pembiayaan transaksi ekspor mulai dari tahapan sebelum pengiriman barang ekspor (pre-shipment financing) sampai dengan tahapan setelah pengiriman barang ekspor (post-shipment financing). Berikut adalah solusi ekspor yang ditawarkan Bank Mandiri:

  • Pre-Export Financing:
    Fasilitas pembiayaan perdagangan dalam rangka persiapan pengiriman barang baik atas dasar Letter of Credit (LC) maupun non-LC. Fasilitas pembiayaan ini terdiri dari: Packing Loan (Pembiayaan bahan baku untuk produksi dan pengiriman produk), Inventory/Stock Financing (Pembiayaan barang dagang yang telah menjadi barang jadi dan disimpan pada gudang di bawah pengelolaan yang disetujui Bank), Freight Financing (Pembiayaan pengiriman barang), dan Insurance Financing (Pembiayaan asuransi kargo).
  • Penerimaan Export Letter of Credit (LC)/SKBDN:
    Layanan Penerusan LC/SKBDN yang berisi janji pasti yang bersifat Irrevocable dari Bank Penerbit untuk membayar presentasi dokumen yang sesuai dengan syarat dan kondisi LC/SKBDN berdasarkan International Standard Banking Practice. Anda dapat melakukan presentasi dokumen sesuai dengan LC/SKBDN yang telah diteruskan. Apabila dokumen presentasi dinyatakan comply oleh Bank Penerbit, maka Anda akan memperoleh pembayaran atau akseptasi sesuai dengan kondisi yang telah dinyatakan dalam LC/SKBDN.
  • Export Collection/Outward Documentary Collection:
    Layanan penerbitan dokumen keuangan dan/atau komersial tanpa menggunakan Letter of Credit (LC) untuk pengiriman dan penagihan pembayaran barang untuk perdagangan dalam negeri dan luar negeri. Penyerahan dokumen kepada pihak buyer akan dilakukan setelah diterima pembayaran (Document against Payment) atau akseptasi (Document against Acceptance).
  • Account Receivable Financing:
    Pembiayaan untuk persiapan pengiriman barang atau percepatan pembayaran tagihan. Account Receivable Financing dapat dilakukan atas dasar Purchase Order atau Invoice yang sudah maupun yang belum di akseptasi oleh pembeli.
  • Reverse Factoring:
    Fasilitas percepatan pembayaran invoice bagi pemasok (Supplier). Produk ini memanfaatkan fasilitas kredit dari pembeli yang disediakan oleh Bank.

Impor
Bank Mandiri memberikan solusi Impor, di mana Anda dapat melakukan pembelian barang dengan lebih aman, karena pembayaran akan dilakukan setelah barang tiba di pelabuhan, atau apabila dokumen sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan. Selain memfasilitasi penerbitan Letter of Credit (LC), Bank Mandiri juga menyediakan talangan pembayaran pembelian barang impor maupun perdagangan domestik. Solusi impor Bank Mandiri memungkinkan Anda untuk dapat menegosiasikan termin pembayaran dengan fleksibel dan menjaga kredibilitas Anda di mata Supplier. Solusi Impor yang ditawarkan Bank Mandiri meliputi:

  • Penerbitan/Amendemen Import Letter of Credit (LC)/SKBDN/Standby LC
    Janji tertulis yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri dan tidak dapat ditarik kembali terhadap Supplier, dengan syarat Supplier dapat menunjukkan dokumen sesuai dengan Letter of Credit (LC)/SKBDN. Hal ini meningkatkan kredibilitas Nasabah di mata Supplier. Untuk Standby LC dikeluarkan oleh bank atas permintaan Nasabah dan berfungsi sebagai jaminan bagi penerima (beneficiary) bahwa mereka akan menerima pembayaran jika pihak yang terutang gagal memenuhi kewajibannya.
  • Penerimaan Documentary Collection
    Layanan yang menangani dokumen keuangan dan/atau komersial tanpa menggunakan Letter of Credit (LC) bagi pelanggan yang terlibat dalam perdagangan impor berdasarkan instruksi dari bank pengirim dengan tujuan untuk mendapatkan pembayaran dan/atau penerimaan, serta untuk menyerahkan dokumen setelah menerima pembayaran dan/atau penerimaan dan/atau sesuai dengan syarat dan ketentuan lainnya.
  • Penerbitan Shipping Guarantee
    Layanan yang memfasilitasi pengeluaran barang secara cepat dari pelabuhan tanpa harus menunjukkan dokumen pengiriman berdasarkan jaminan yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Hal ini dapat mengurangi risiko kerugian akibat kerusakan kargo dan biaya demurrage yang tinggi serta biaya lainnya.
  • Pembiayaan Pasca Impor/Trust Receipt
    Layanan yang membantu Nasabah sebagai pembeli dalam penangguhan kewajiban pembayaran berdasarkan pengajuan permohonan transaksi dalam bentuk Trust Receipts (TR LC/Non-LC).

Bank Garansi
Bank Garansi merupakan bentuk jaminan yang diberikan oleh bank kepada mitra bisnis dalam transaksi lokal maupun internasional. Dalam hal ini, Bank Mandiri akan membayarkan sejumlah dana tertentu apabila salah satu pihak tidak dapat memenuhi kewajibannya. Melalui platform Kopra, Nasabah dapat mengajukan dan mengelola Bank Garansi secara digital, sehingga dapat mempercepat proses dan meningkatkan efisiensi operasional. Bank Garansi dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Bank Garansi Outward: 
    Layanan ini membantu Nasabah dalam pengajuan penerbitan atau perubahan Bank Garansi yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri sebagai jaminan tertulis kepada penerima (beneficiary). Jenis-jenis garansi meliputi Garansi Penawaran, Garansi Pelaksanaan, Garansi Uang Muka, Garansi Pemeliharaan, Garansi Pembayaran, dan Garansi Bea Cukai, yang dapat membantu Nasabah mengurangi risiko terkait transaksi serta memperkuat reputasi mereka di pasar.
  • Bank Garansi Inward:
    Layanan ini membantu penerima untuk mengelola dan memverifikasi keabsahan Bank Garansi yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Penerima dapat memulai proses klaim jika pemohon tidak memenuhi kewajibannya sesuai perjanjian yang telah disepakati (wanprestasi). Dengan layanan ini, Nasabah dapat lebih mudah mengakses, memantau, dan mengajukan klaim atas Bank Garansi yang diterima, sehingga meningkatkan efisiensi dalam proses pengelolaan risiko.

Berapa biaya yang dikenakan untuk dapat menggunakan layanan Kopra Trade?

  • Provisi merupakan persentase dari nominal transaksi, dengan berlaku biaya minimum.
  • Komisi/provisi, suku bunga dan biaya lainnya sesuai dengan ketentuan Bank Mandiri.
  • Pembebanan biaya konfirmasi sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Mandiri.
  • Biaya penerbitan Bank Garansi dihitung sejak Bank Garansi diterbitkan/tanggal efektif Bank Garansi sampai berakhirnya Bank Garansi dengan memperhitungkan masa klaim (jika ada).

Apakah risiko yang mungkin dapat muncul jika menggunakan layanan Kopra?

  • Tidak ada kewajiban pembayaran dari Bank, maka terdapat risiko tidak dibayarnya tagihan.
  • Tidak dapat kepastian atas pembayaran.
  • Pembayaran atas barang telah dilakukan, namun barang yang diterima tidak sesuai dengan dokumen pemesanan barang (D/A).
  • Apabila kewajiban fasilitas yang digunakan sebagai cover Bank Garansi tidak dapat diselesaikan, maka kewajiban tersebut dapat dicatat sebagai kredit bermasalah yang dikenakan denda sesuai ketentuan berlaku dan tercatat pada SLIK OJK.

Apakah proses transaksi di Kopra Trade memerlukan token/PIN?

Proses transaksi di Kopra Trade tidak membutuhkan token atau PIN. Namun, untuk melakukan transaksi dan mengirimkan transaksi ke Bank, diperlukan minimal pengawasan dua pihak yang membutuhkan otorisasi dari checker sesuai kebijakan masing-masing perusahaan dan ditetapkan oleh admin perusahaan.

Versi Browser Apa yang Diperlukan untuk Mengakses Kopra Trade?

Kopra Trade dapat diakses melalui browser minimum berikut:

  • Google Chrome: Versi 119 atau lebih tinggi.
  • Microsoft Edge: Versi 128 atau lebih tinggi.
  • Mozilla Firefox: Versi 115 atau lebih tinggi.
  • Safari: Versi 16.6 atau lebih tinggi (untuk pengguna macOS).

Apakah Kopra Trade Bisa Diakses Menggunakan Ponsel?

Nasabah dapat mengakses Kopra Trade melalui browser di ponsel. Namun, disarankan untuk menggunakan PC, laptop, atau tablet untuk memulai transaksi. Hal ini dikarenakan terdapat banyak informasi yang perlu dimasukan dan tampilan ponsel mungkin terlalu kecil untuk kenyamanan.

Persyaratan dan Tata cara

Bank Garansi

  • Mengisi dan menandatangani aplikasi penerbitan atau menggunakan Kopra by Mandiri.
  • Sudah memiliki rekening Bank Mandiri.
  • Memiliki cover penerbitan Bank Garansi atau Standby LC.

Impor

  • Nasabah menyerahkan cover jaminan penerbitan LC.
  • Mempunyai rekening Giro/Deposito/Tabungan Bisnis atas nama Nasabah Bank Mandiri.
  • Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Induk Berusaha (NIB)/Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  • Tidak termasuk dalam daftar hitam baik internal maupun eksternal (Bank Indonesia).
  • Memiliki perizinan impor.

Ekspor

  • Beneficiary memiliki rekening aktif di Bank Mandiri.
  • Pembeli dan Issuing Bank tidak termasuk yang terkena embargo.
  • LC yang diterbitkan oleh Issuing Bank akan diteruskan Bank Mandiri kepada Nasabah melalui cabang pengelolaan rekening Nasabah.

Kapan saya bisa mengakses portal Kopra Trade?

Kopra Trade dapat diakses 24/7. Namun, transaksi yang diajukan melalui Kopra Trade pada akhir pekan atau hari libur akan diproses oleh Bank Mandiri pada hari kerja berikutnya.

Siapa yang dapat dihubungi apabila Anda ingin menggunakan Kopra Trade?

Nasabah dapat menghubungi call center Bank Mandiri (14000) atau bisa melalui RM (Relationship Manager). 

Siapa yang dapat dihubungi apabila terdapat kendala dalam penggunaan Kopra Trade?

Nasabah dapat menghubungi call center Bank Mandiri (14000) atau bisa melalui RM (Relationship Manager).

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000